Mengatasi anak atau balita yang sulit makan

 

Asupan makanan dan minuman untuk bayi memang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pertumbuhan fisik dan otak anak. Jadi cobalah dengan sabar dan telaten mencari berbagai cara untuk menarik minat makan anak. Makan dan minum sebetulnya adalah kebutuhan dasar dan insting, artinya bila lapar anak akan makan.

Namun, kecemasan dan rasa tidak nyaman bisa disebabkan dari cara pemberian makan, menu dan masalah pencernaan anak itu sendiri, yang pada akhirnya membuat selera makan anak hilang. Apalagi bila ibu dan pengasuh sering berteriak, membentak bahkan menakut-nakuti anak supaya mau makan.

 

  • Mengatur jadwal makan nya

Ketahuilah bahwa balita belum memiliki nafsu makan yang kuat. Untuk itu, mereka tidak mau makan sebanyak tiga kali dalam sehari. Namun, Anda harus cerdas menghadapinya yaitu tetap memberikannya makan pada pagi, siang, dan malam hari. Berilah si anak makanan yang bergizi walaupun dia makan hanya sedikit. Membuat jadwal makan dan minum susu yang tepat sehingga anak bisa merasakan lapar dan nikmatnya makan. Misalnya jika pukul 12.00-12.30 waktunya makan siang maka 1-2 jam sebelumnya jangan memberi camilan pada anak agar perut anak tidak kenyang.

  • Membuat suasana makan menyenangkan

Upayakan ada waktu makan bersama. Sehingga minat makan anak muncul bila melihat sekelilingnya juga melakukan aktivitas yang sama. Dan ajak anak makan sambil menikmati sesuatu, misalnya duduk di kursi makan dengan memegang mainan sendok dan piringnya seolah-olah anak sedang makan sendiri

  • Mengatur porsi makan

Agar aktivitas makan jadi kebiasaan bagi balita, Anda perlu memberinya makan dengan porsi kecil dan terus bertahap hingga anak terbiasa menerima porsi makan yg seharus nya namun tetap mengandung gizi tinggi.

  • Menggunakan bahan alami

Banyak sekali produk-produk pasaran yang dijual untuk menambah nafsu makan pada anak anak, mulai dari minyak ikan, suplemen vitamin dan mineral sampai prosuk herbal. namun anda perlu cermat dalam hal ini,  dengan memilih produk penambah nafsu makan yang tetap dan relatif aman. Seperti contoh nya penambah nafsu makan yg a;ami ada;ah dengan menggunakan kunyit dan buah Adas yang merupakan tumbuhan rempah untuk menambah cita rasa makanan dan minuman, juga bermanfaat membangkitkan atau meningkatkan nafsu makan.

 

 

  • Membatasi minum susu

Jika si anak senang sekali meminum susu daripada makan nasi beserta lauk-pauknya, maka Anda harus bisa membatasinya. Ketahuilah bahwa memberikan susu secara berlebihan kepada anak, maka tak ada ruang bagi makanan di dalam perutnya.

 

  • Mengubah menu makan setiap hari

 

Jangan terus-terusan memberi makanan yang sama untuk anak karena bisa membuatnya merasa bosan sehingga malas untuk makan. Untuk itu, Anda harus bisa memberikan variasi pada menu makan setiap harinya agar meningkatkan nafsu makan si anak. Selain itu, Anda juga bisa menghias makanan itu dengan beberapa sayur-mayur agar menarik perhatiannya untuk memakannya. 

  • Menyuapi si anak

Cara lain untuk meningkatkan nafsu makan si anak adalah menyuapinya. Mungkin anak malas makan akibat sedang bermain dengan mainan miliknya atau teman-temannya. Untuk itu, Anda perlu mencuri waktu untuk sekadar menyuapinya sedikit demi sedikit. Dengan begitu, si kecil akan tetap sehat. 

 

Makanan merupakan salah satu faktor penting untuk pertumbuhan si anak. jangan biarkan pertumbuhan anak anda tergangu hanya karena Nafsu makannya yang kurang.Demikian tips yang sedikit nya bisa mengurangi kecemasan para ibu yang kebetulan anak nya sulit makan.semoga dapat bermanfaat bagi para ibu.

 

Referensi :

http://www.ayo-baca.com/2013/04/cara-efektif-meningkatkan-nafsu-makan.html

http://id.shvoong.com/medicine-and-health/nutrition/1921260-tips-cara-menghadapi-bayi-atau/

http://www.inicaraku.com/cara-meningkatkan-nafsu-makan-anak.html

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s