EVOLUSI CBIS

Pendahuluan

Evolusi sistem informasi manajemen berdasarkan CBIS ini mempunyai banyak peran dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam bidang basis komputer sistem. Sistem informasi manajemen merupakan sebuah sistem informasi yang memiliki integrasi antara sub sistemnya. Sistem informasi manajemen berbasis komputer mengandung arti bahwa komputer memainkan peran penting dalam sebuah sistem informasi. Secara teori, penerapan sebuah sistem informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatan nya. Namun pada kenyataan nya idak mungkin suatu sistem yang sangat kompleks dapat dijalankan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem informasi yang akurat pada kenyataan nya selalu berhubungan dengan istilah computer-based atau pengolahan informasi berbasis pada komputer.

 

 

Pembahasan

Sistem informasi berbasis komputer atau Computer Based Information system (CBIS) merupakan sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis. Beberapa istilah yang terkait dengan CBIS antara lain adalah: data, informasi, sistem, sistem informasi dan basis komputer. Pengembangan CBIS mengikuti system life cycle, yang terdiri dari: siklus hidup suatu sistem bisa berlangsung beberapa bulan ataupun beberapa tahun (dalam satuan bulan atau tahun ). Penentuan lama dan bertanggung jawab atas SLC berulang ialah pemakai CBIS.

Pada dasarnya ada beberapa sub sistem dari CBIS, berikut ini adalah sub sistem dari CBIS :

  1. Sistem informasi Akuntansi
  2. Sistem Informasi Manajemen
  3. Sistem Pendukung Keputusan
  4. Automasi Kantor ( Virtual Office )
  5. Sistem Pakar

Sistem Informasi Akuntansi (SIA )

Sistem informasi akuntansi adalah sistem informasi yang melaksanakan aplikasi akuntansi perusahaan, yaitu sebagai pengolah data perusahaan. Sistem informasi akuntansi adalah satu-satunya sistem informasi yang bertanggung jawab memenuhi kebutuhan informasi diluar perusahaan, menyediakan informasi untuk seluruh lingkungan kecuali pesaing. Tugas utama dari sistem informasi adalah sebagai berikut :

  • Pengumpulan data
  • Manipulasi data
  • Penyimpanan data
  • Menyediakan dokumen

 

Pengumpulan Data

Setiap tindakan yang dilakukan oleh perusahaan yang melibatkan elemen lingkungan maka kegiatan tersebut disebut dengan transaksi. Sistem pengolahan data mengumpulkan data yang menjelasikan setiap tindakan internal perusahaan dan transaksi ligkungan perusahaan.

Manipulasi Data

Manipulasi data adalah tugas yang berupa pengubahan data menjadi informasi. Manipulasi data sebagai berikut:

–          Classification, identifikasi dan pengelompokan data menggunakan pengkodean terhadap catatan transaksi.

–          Sorting, penyusunan sesuai urutan tertentu berdasarkan kode atau elemen data lainnya.

–          Calculating, operasi aritmatika dan logika yang dilakukan pada elemen data.

–          Summarizing, penyimpulan data sehingga dihasilkan total, rata-rata dan lain-lain.

 

 

 

Penyimpanan Data

Data yang telah dicatat kemudian disimpan dalam media penyimpanan sekunder, dan diintegrasikan secara logis dalam bentuk database.

Penyediaan Dokumen

Sistem informasi akuntasi menghasilkan informasi untuk individu atau organisasi baik didalam maupun diluar perusahaan, yang dipicu oleh dua hal, yaitu :

–          Tindakan

–          Waktu

–          Melaksanakan tugas yang diperlukan

–          Berpegang pada prosedur yang relatif standar

–          Menangani data yang rinci

Peran sistem informasi akuntansi dalam CBIS

–          Sistem informasi akuntansi menghasilkan beberapa output informasi dalam bentuk laporan akuntansi standar.

–          Sistem informasi akuntansi menyediakan database yang lengkap untuk digunakan dalam pemecahan masalah.

 

Sistem Informasi Manajemen (SIM )

Suatu sistem berbasis database komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa, pengertian dari SIM. Para pemakai biasanya membentuk suatu entitas formal perusahaan atau subunit dibawahnya.

Sumber Daya SIM

Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem perusahaan tentang apa yang telah terjadi dimasa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang dan dimasa yang akan datang. Informasi tersebut tersedia dalam laporan periodik, laporan khusus dan lain sebagainya, output informasi tersebut digunakan manajer saat mereka membuat keputusan untuk pemecahan masalah.

 

 

 

 

Suatu SIM bisa juga merupakan suatu sistem informasi antara organisasi (IOS) jika SIM terkoneksi dengan SIM pada perusahaan lain, misalnya dengan suplier. SIM menggunakan data yang disediakan oleh SIA dalam database dan informasi lain yang berasal dari lingkungan. Berbeda dengan SIA, SIM tidak berkewajiban menyediakan informasi bagi lingkungan nya.

 

Sistem Pendukung Keputusan ( decision support system )

Dalam upaya memecahkan masalah seorang problem solver akan banyak membuat keputusan. Keputusan harus diambil untuk menghindari atau mengurangi dampak negatif atau untuk memanfaatkan peluang.

Adapun keputusan tersebut terbagi menjadi :

–          Keputusan terprogram

–          Keputusan tak terprogram, bersifat baru dan tidak berstruktur

Manajer melakukan empat tahap pengambilan keputusan, yaitu :

–          Kegiatan intelejen

–          Kegiatan merancang, menemukan, mengembangkan dan menganalisis berbaga alternatif tindakan yang mungkin.

–          Kegiatan memilih

–          Kegiatan review

Tujuan sistem pendukung keputusan

–          Membantu manajer membuat keputusan unutk pemecahan masalah semi terstruktur

–          Mendukung penilaian manajer bukan mencoba menggantikannya

–          Meningkatkan efektifitas pengambilan keputusan.

 

 

 

 

 

 

Automasi Kantor ( Virtual Office )

Automasi kantor kini disebut dengan istilah kantor virtual, mencakup semua sistem elektronik formal dan informal terutama berkaitan dengan komunikasi informasi ke dan dari orang-orang didalam maupun diluar perusahaan. Penggunaan AO dibagi menjadi empat katagori :

–          Manajer, yang bertanggung jawab

–          Profesional, tidak mengelola tetapi menyumbangkan keahliankhusus yang membedakan merekadengan sekertaris dan pegawai administrasi.

–          Sekretaris

–          Pegawai Administrasi

 

Tujuan AO

  1.                                                                                1.            Menghindari Biaya
  2.                                                                                2.            Pemecahan masalah kelompok
  3.                                                                                3.            Pelengkap

Aplikasi AO

–          Word processing

–          E-mail

–          Voice Mail

–          Electronic calendaring

–          Audio converencing

–          Video converencing

–          Facsimile

–          Videotex

–          Imaging

–          Desktop publising

 

 

 

Sistem Pakar (ES)

Sistem pakar (Expert System) adalah sebuah sistem informasi yang memiliki intelegensia buatanyang menyerupai intelegensia manusia. Sistem pakar sebenarnya mirip dengan DSS yaitu bertujuan menyediakan dukungan pemecahan masalah tingkat tinggi untuk pemakai.

Karakteristik Sistem Pakar

–          Memiliki kemampuan belajar atau memahami masalah dari pengalaman

–          Memberi tanggapan yang cepat

–          Mampu menangani masalah yang kompleks

–          Memecahkan masalah dengan penalaran

–          Menggunakan pegetahuan untuk menyelesaikan masalah

Bagian Dari Sistem Pakar

User interface adalah bagian yang memungkinkan manajer menasukan instruksi dan informasi kedalam dan menerima informasi dari sistem pakar.

  1.                                                                                   1.            Input terdapat empat metode, yaitu :

–          Menu

–          Comamands

–          Natural languange

–          Customized interfaces

  1.                                                                                   2.            Output sistem pakar :

–          Penjelasan dari pertanyaan

–          Penjelasan dari penyelesaian masalah

  1.                                                                                   3.            Knowledge Base adalah bagian-bagian yang memuat fakta yang menjelaskan area masalah
  2.                                                                                   4.            Interference Engine adalah bagian dari sistem pakar yang melakukan penalaran dengan menggunakan isi knowledge base berdasarkan urutan tertentu.
  3.                                                                                   5.            Development Engine adalah alat yang digunakan untuk menciptakan sistem pakar.

 

 

 

PENUTUP

Dalam era globalisasi ini kita harus mengetahui adanya evolusi sistem informasi manajemen berdasarkan CBIS dijaman sekarang ini, yang mempunyai banyak peranan dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam bidang basis komputer sistem. Selain itu CBIS merupakan sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis. Selain itu CBIS juga memiliki beberapa sub sistem, diantaranya :

  1. Sistem informasi Akuntansi
  2. Sistem Informasi Manajemen
  3. Sistem Pendukung Keputusan
  4. Automasi Kantor ( Virtual Office )
  5. Sistem Pakar

 

 

 

 

 

 

 

Referensi

 

http://fardiansyah7fold.wordpress.com

http://greeaone.wordpress.com

http://samruddin.blogspot.com

http://google.com

http://dyananyun.blogspot.com

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s