BAGAIMANA CBIS MEMPERBAIKI KUALITAS PRODUK DAN JASA AGAR PERUSAHAAN DAPAT MENCAPAI KEUNGGULAN KOMPETITIF

  1. I.        PENDAHULUAN

Perkembangan program – program komputer yang sengaja dirancang untuk kemudahan manajemen dalam mengelola informasi sangat pesat.Pada dunia bisnis dikenal beberapa jenis aplikasi program komputer untuk mendukung kinerja suatu lembaga bisnis, seperti aplikasi yang berkaitan dengan penanganan transaksi akuntansi, aplikasi yang berkaitan dengan bidang manajemen sumber daya manusia , aplikasi yang berkaitan dengan bidang pengambilan keputusan,aplikasi yang berkaitan dengan bidang informasi manajemen, bahkan sampai pada kantor maya ( virtual office ) ,dan sistem berbasis pengetahuan ( knowledgebased system ). Seluruh aplikasi program komputer atau lebih dikenal dengan software dibidang bisnis tersebut lebih ikenal dengan istilah sistem informasi berbasis komputer ( computer – based information system ), atau CBIS.

CBIS adalah singkatan dari computer based information system atau sistem informasi berbasis komputer merupakan sisitem pengolahan data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan,koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis.beberapa istilah yang terkait dengan CBIS antara lain adalah data, informasi ,sistem, sistem informasi dan basis komputer.

 

 

 

  1. II.     PEMBAHASAN

 

keunggulan kompetitif (competitive advantege )di dalam perusahaan dapat dicapai melalui banyak cara, Seperti :

  1. menyediakan barang dan jasa dengan harga yang murah , mutu yang lebih baik dari pesaing dan memenuhi kebutuhan suatu segmen pasar tertentu.untuk lebih unggul dari pesaing tidak sepenuhnya hanya menggunakan sumber daya fisik tapi juga sumber daya konseptual seperti data dan informasi.
  2. Pada bidang komputer, mengacu pada penggunaan informasi untuk mendapatkan leverage dipasaran (konseptual ).

Pandangan Awal tentang keunggulan Kompetitif

Sejumlah perusahaan telah mendapatkan publikasi yang luas karena menggunakan informasi untuk mencapai keunggulan kompetitif. Beberapa diantaranya adalah perusahaan penerbangan dan rumah sakit.

  1. EDI (Electronic data interchange )
  2. IOS (inter organizational information system )

Pandangan Luas tentang keunggulan Kompetitif

  1. Suatu cara untuk mendapat nilai maksimum dari penggunaan informasi sebagai sumber daya kompetitif, perusahaan harus membangun IOS yang menyediakan hubungan dengan seluruh delapan elemen lingkungan.
  2. Semua hubungan informasi harus bersifat dua arah, kecuali hubungan dengan pesaing, yaitu hanya informasi masuk saja.
  3. Suatu perusahaan dapat memanfaatkan arus informasi ke dan dari pemasok nya dengan membangun jaringan EDI.
  4. Elemen- elemen lingkungan yang menyediakan peluang terbesar bagi hubugan EDI dua arah adalah pelanggan, pemasok, pemerintah dan masyarakat keuangan.
  5. Format standar telah ditetapkan untuk transaksi dasar pertukaran data elektronik.

 

Cara CBIS memperbaiki kualitas produk dan jasa agar perusahaan mencapai keunggulan kompetitif yaitu dengan adanya informasi, sumber daya informasi mencakup :

  1. Perangkat keras (fasilitas)
  2. Perangkat lunak (database)
  3. Spesialisasi Informasi (Informasi) dan Pemakai.

 

Usaha awal suatu pengembangan suatu rencana strategis untuk jasa informasi disebut transformasi kumpulan strategi ( strategy set transformasi).walau metodologi ini masih dipraktekan ,tak ada jaminan bahwa sumber daya informasi yang dibutuhkan tersedia.masalah ini dapat dipecahkan dengan mengembangkan rencana- rencana strategis untuk perusahaan dan jasa informasi secara bersamaan.pendekatan ini dinamakan perencanaan strategis sumber  daya informasi (strategis Planning for information resources / SPIR ).Hasil dari SPIR adalah suatu rencana yang mengidentifikasi kebutuhan sumber daya informasi bagi tiap subsistem CBIS untuk periode yang tercakup dalam jangka waktu perencanaan strategis.Dalam beberapa hal tiap subsistem dari CBIS menyerupai suatu organisme hidup – lahir, bertumbuh, menjadi matang, berfungsi dan akhirnya mati.Proses evolusioner ini disebut siklus kehidupan sistem dan terdiri dari tahap – tahap sebagai berikut :

  1. Perencanaan
  2. Analisis
  3. Rancangan
  4. Penerapan
  5. Penggunaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. III.   KESIMPULAN

 

Peningkatan kualitas harus dilakukan oleh setiap perusahaan dan harus menjadi salah satu strategi dalam memenangkan persaingan.seiring berkembangnya CBIS, manajer merencanakan siklus hidup dan mengatur para spesialis informasi yang terlibat.setelah penerapan, manajemen mengendalikan CBIS untuk memastikan bahwa sistem tersebut terus menyediakan dukungan yang diharapkan. Saat manajer memilih untuk memanfaatkan dukungan para spesialis informasi, kedua pihak bekerjasama untuk mengidentifikasi dan mengidentifikasikan masalah, mengidentifikasi dan mengevaluasi solusi alternatif, memilih solusi terbaik, merakit perangkat keras dan perangkat lunak yang sesuai, menciptakan database, dan menjaga kemukhtahiran sistem. Semua kegiatan tersebut akan dapat dilakukan dalam waktu relativesingkat apabila perusahaan telah menggunakan sistem informasi berbasis komputer.

 

 

 

 

 

  1. IV.     REFERENSI

 

http://www.google.com

http://kk.mercubuana.ac.id

http://wartawarga.gunadarma.ac.id

http://fikifatwakhunaifi.blogspot.com

http://rendytatipikalawan.blogspot.com

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s