Menyusun anggaran rumahtangga

Pengertian anggaran secara umum

Anggaran merupakan suatu alat untuk perencanaan dan pengawasan operasi keuntungan dalam suatu organisasi laba dimana tingkat formalitas suatu budget tergantung besar kecilnya organisasi. Untuk melaksanakan tugas di atas, tentu saja diperlukan rencana yang matang. Dengan demikian dari gambaran tersebut dapat terasa pentingnya suatu perencanaan dan pengawasan yang baik hanya dapat diperoleh manajemen dengan mempelajari, menganalisa dan mempertimbangkan dengan seksama kemungkinan-kemungkinan, alternatif-alternatif dan konsekwensi yang ada sehingga dapat didefinisikan sebagai berikut:

Menurut Munandar, (1985 : hal 1), pengertian anggaran yaitu:

“Budget (anggaran) ialah suatu rencana yang disusun secara sistematis yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan. Yang dinyatakan dalam unit (kesatuan) moneter dan berlaku untuk jangka waktu (periode) tertentu yang akan datang.”

 

Ada langkah sederhana membuat anggaran rumah tangga agar tidak setiap bulan dibuat kerepotan dengan segala bentuk pengeluaran, saya sarankan perlu membuat anggaran rumah tangga yang dihitung dari jumlah pendapatan dan belanja keluarga. Ada tujuh langkah yang perlu dilakukan:

1. Identifikasi sumber pendapatan keluarga
Sumber pendapatan keluarga berasal dari gaji suami saja atau gaji suami ditambah gaji istri. Sumber pemasukan lain meski kecil juga dicantumkan, misalnya Anda berjualan secara online atau membuka warung di depan rumah.

2. Buat daftar pengeluaran per bulannya
Setiap pengeluaran, baik yang pokok maupun sekunder harus dimasukkan. Misalnya, biaya listrik, gas, SPP anak, belanja bulanan dan sejenisnya. Jangan lupa untuk memasukkan pengeluaran non pokok dengan jumlah tidak tetap setiap bulan, seperti dana untuk makan diluar, biaya membawa anak tamasya atau jalan-jalan ke mal.

3. Hitung jumlah hutang
Kumpulkan semua jenis hutang atau cicilan yang harus dibayar setiap bulannya, seperti cicilan kendaraan, rumah, kartu kredit dan yang lainnya. Banyak orang menghindari menghitung total hutangnya tapi lebih baik bersikap realistis pada jumlah hutang, agar memudahkan mencari solusi untuk melunasinya.

4. Menghitung rencana keuangan
Susun jumlah pendapatan, pengeluaran dan hutang lalu atur rencana untuk membayar pengeluaran dan hutang. Tentukan mana yang perlu dibayar paling awal dan tidak bisa ditunda, baru kemudian pengeluaran yang tidak terlalu penting. Dahulukan membayar hutang daripada menabung bila total hutang cukup besar ya Bu.

5. Mengurangi pengeluaran
Bila kebutuhan dan hutang  sama atau lebih besar dari uang yang masuk ke kantong, disiplinkan seluruh anggota keluarga untuk hidup hemat. Acara makan di restoran atau jalan-jalan di mal segeralah dikurangi. Gunakan uang secara bijak hanya untuk hal-hal yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan. Cam kan baik-baik !

6. Susun anggaran rumah tangga dengan rapi
Bila mempunyai komputer, tidak ada salahnya membuat file data anggaran rumah tangga setiap bulannya agar dapat lebih mudah membandingkannya dengan pengeluaran di bulan-bulan sebelumnya.

Menggunakan buku khusus juga dapat di terapkan. Simpan data penting seperti struk belanja, tagihan telepon dan listrik, kwitansi dan sejenisnya dengan baik untuk mempermudah menyusun rencana anggaran.

7. Tentukan cita-cita finansial
Anda dan suami tentu memiliki keinginan dan cita-cita menyangkut finansial keluarga. Misalnya saja, ingin membeli rumah atau kendaraan pribadi, berlibur atau berinvestasi.

Cita-cita ini penting untuk mendorong Anda dan suami agar lebih bijak dalam mengatur anggaran rumah tangga. Sisihkan dana dalam bentuk rekening tabungan yang terpisah dari rekening untuk kebutuhan sehari-hari.

Menyusun anggaran rumah tangga tidaklah sulit, bagian tersulit terletak pada bagaimana sekeluarga menerapkannya. Asal mau disiplin, acara pusing setiap tanggal tua tidak akan di alami lagi. Ayo Bu, susun anggaran rumah tangga dari sekarang.

 

 

 

 

Referensi

http://google.com

http://www.perempuan.com/read/menyusun-anggaran-rumah-tangga

http://mengerjakantugas.blogspot.com/2009/07/pengertian-anggaran-secara-umum.html

 

About these ads
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s